coretan kecil Emma

Yaa sekedar coretan. Coretan sekedarnya saja.

Harukanaru haru~~

Leave a comment

Whaaa…CheRits datang lagi! Setelah bulan September 2008 lalu, kali ini temen2 dari CheRits Universitas Ritsumeikan Jepang kembali berkunjung ke Jogja. Kegiatan2 mereka masih dilaksanakan Desa Kalakijo dimana mereka dulu membantu renovasi pembangunan SD Muhammadiyah Kalakijo pasca gempa 2006. Kedatangan mereka tiap bulan September dan Maret ini sudah berlangsung sejak tahun 2006 hingga sekarang. Dengan 3 bidang kegiatan andalannya yaitu bidang kesehatan, penanggulangan bencana, dan pendidikan, CheRits memberikan bermacam2 pengetahuan bagi guru dan siswa2 SD Muhammadiyah pada khususnya dan warga Desa Kalakijo pada umumnya.

img_3750

Dibanding pada kegiatan mereka bulan September tahun lalu, personel CheRits yang datang kali ini lebih sedikit, cuma 6 mahasiswa dan 1 dosen yaitu Pak Fujiyama Ichirou. Diketuai oleh mbak Koga Asumi, personel yang datang kali ini adalah mbak Ogasawara Chiaki, mbak Imai Eri, mbak Kuramoto Maho, mas Nohara Koji, dan mas Mutou Naoto. Tiga diantaranya, Chiaki-sama ^^, Imai dan Maho baru kali ini aku ketemu mereka, tapi seneng deh udah bisa deket ma mereka ^^. Tapi yang jelas, biarpun personelnya sedikit, mereka gak kalah semangat dari kegiatan yang lalu. Itu yang aku suka dari mereka, itsumo ganbaru ki ga shita. Daisuki dayo~~n! :\(^o^)/:

hai, cheeze!!

hai, cheeze!!

nandeyane??

nandeyane??

Barengan temen2 dari Sastra Jepang UGM, kita lihat yuk sepak terjang mereka!! Yeaaaahh!!!

Hoken Project (Bidang Kesehatan)>> kita memberikan penyuluhan tentang bahaya penyebaran penyakit menular, misalnya influenza, dan bagaimana cara pencegahannya. Sasarannya adalah siswa-siswi SD Muhammadiyah Kalakijo, jadi penyampaian materi penyuluhan dibuat semenarik mungkin yaitu dengan menggunakan kamishibai (cerita bergambar) yang dibacakan langsung oleh temen2 CheRits. Siswa-siswi SD juga diajak bersama2 menggambar poster pencegahan penyakit menular dan menempelkannya di sekolah dan lingkungan Kalakijo. Selain itu, diadakan juga Kampanye Seminggu Hidup Sehat utnuk membiasakan anak2 mencuci tangan dengan sabun dan berkumur-kumur. Seru banget deh melihat anak2 tertawa mendengarkan cerita, menggambar poster dll. It’s really a nice approach. Kodomo ga moriagatta dake janakute, jugyou no naiyou mo tsutaeta…^^ (ima no ha atteru?hehee…)

img_3713

img_3712dsc02766dsc02745

Bousai Project (Bidang Penanggulangan Bencana)>> kita memberikan penyuluhan tentang apa yang harus dilakukan ketika gempa terjadi. Sasarannya masih siswa-siswi SD Muhammadiyah Kalakijo. Anak2 diminta untuk mencocokkan kartu2 bertuliskan cara penyelamatan diri ketika gempa ke dalam 3 kondisi yang mungkin terjadi ketika gempa benar2 terjadi. Selain itu anak2 juga diajak untuk membuat lampu minyak sederhana yang bisa digunakan ketika lampu padam saat gempa terjadi. Simple stuff with great use! Dan anak2 membawa pulang karya mereka ke rumah dengan suka cita, huhuw…^^ (maca cih..?) potonya cuma pas coba2 bikin lampu doank gpp yak ^^ lainnya nyusul…

dsc02643

dsc02644

Hyouka Project (apa ya artinya…mmm…Proyek Evaluasi?mungkin..) >> merupakan kegiatan yang ditujukan untuk mengevaluasi kegiatan CheRits selama tiga tahun ini sekaligus menentukan arah kegiatan selanjutnya. Acaranya berupa diskusi dan dengar pendapat dengan beberapa warga Kalakijo dan guru2 SD Muhammadiyah Kalakijo. Di sini pesertanya boleh mengeluarkan pendapat, uneg-uneg, kesan dan harapan mereka terhadap kegiatan CheRits sejak pasca gempa hingga sekarang. Dan uneg-uneg yang keluar cukup ajaib!! Maa…chikara ni narukoto ga attara, lets fight for the best together!! \(^o^)/ Haiyyah…opo toh…???(@_@)

img_3891

img_3905img_3890

Author: truebluemma

saya bukan siapa-siapa...cuma orang biasa...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s