coretan kecil Emma

Yaa sekedar coretan. Coretan sekedarnya saja.

Maryamah “Catur” Karpov: judul yang bingung…

6 Comments

Ini dia buku terakhir dari tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Kukira bukunya cuma setebal Sang Pemimpi atau Edensor, tapi ternyata lebih tebel dari Laskar Pelangi boi! Isinya juga ‘tebal’, banyak banget nyeritain fenomena2 budaya Melayu khususnya di Belitong. Kisahnya dimulai ketika Ikal harus mempertahankan tesisnya dihadapan dewan penguji yang bukan orang sembarangan, esp. mbak Morong Leblang (Maurent Le Blanc) yang juteknya nujubileh. Pastinya Ikal berhasil lulus dari Sorbone donk…dan dia kembali ke tanah air, ke Belitong tercinta. Segala macam kontradiksi dengan Paris dia temukan ketika ia menginjakkan kaki kembali di tanah air. Sampai akhirnya dia tiba di Belitong yang tak banyak berubah. Ikal nostalgia.

img_3174

Setelah baca buku ini aku agak bingung kenapa mas Andrea memilih judul “Maryamah Karpov” untuk buku ke empatnya ini. Secara Makcik Maryamah yang jago catur Karpov itu cuma diceritakan sekelumit doang. Di buku sebelumnya Makcik Maryamah pernah diberi beras sama ibunya Ikal, gitu doang. Di buku Justru si Nurmi,anaknya Maryamah yang jago biola, yang lumayan banyak ditulis. Belom lagi judul tambahan “Mimpi-mimpi Lintang” yang mengikuti judul utama. Itu bikin aku berpikir kalo buku ini bakal banyak bercerita tentang Lintang, sahabat sebangku Ikal yang genius itu. Ternyata tidak. Buku ini menurutku garis besarnya adalah perjalanan Ikal mencari belahan jiwanya yang belum dia temukan lagi sejak menghilang dari Toko Sinar Harapan tempat Ikal beli kapur tulis semasa SD dulu. Yap, its all about A Ling. Setengah dunia dikelilingi Ikal demi menemukan A Ling. Nihil. Sebuah petunjuk tentang keberadaan A Ling justru ditemukannya di Belitong, dan itu membuatnya tidak yakin apakah A Ling masih hidup atau tidak. “Mimpi-mimpi Lintang” hanyalah nama sebuah kapal yang membawa Ikal kepada belahan jiwanya, which is…Lintang dengan segala kejeniusannya ikut urun rembug dalam pembuatannya. Oalaaahhh…ngono tah…

Tapi over all, buku ini tetep sangat berbobot utnuk dibaca. Membaca Maryamah Karpov serasa membaca orang Melayu. Banyak banget karakteristik orang Melayu yang ditulis mas Andrea (marah gak ya kalo kupanggil mas?kan bukan wong Jowo?hehe…). Misalnya kebiasaan suka nongkrong di warung kopi, suka membual, omong besar untuk menciptakan opini publik tapi kadang pengecut, suka ngasih julukan orang seenak udel (Ikal salah satu korbannya), suka bertaruh, dan yang parah adalah susah berubah dari kebiasaan2 lama termasuk kebiasaan2 buruk barusan. Hahaha…ternyata cukup banyak karakter buruk orang Melayu. Jadi tertampar…hehe. Tapi aku tetep bisa nangkep benang merah yang selalu ada dalam setiap buku Andrea. Kekuatan mimpi. Selalu ada mimpi2 yang ingin kita capai. Dan kita gak pernah tahu bahwa kekuatan mimpi itu menarik kita dengan seribu cara untuk mewujudkannya. So don’t stop dreaming! Baca deh buat yang belum baca! Menyenangkan kok. Walaupun judulnya agak gak nyambung sih… ^-^

Author: truebluemma

saya bukan siapa-siapa...cuma orang biasa...

6 thoughts on “Maryamah “Catur” Karpov: judul yang bingung…

  1. emang bagus … tapi ending nya ngambang …

  2. tapi ga sebagus seri2 sebelumnya deh mba’ emma…

    agak sedikit kecewa.. T.T

  3. kak andrea apa bener bakalan ada maryamah karpov 2. wah kalo ada cepetan donk di rilis. aku penggemar berat tetralogi laskar pelang loch. dari buku ini aku jadi berani bermimpi, tambah semangat dalam menjalani hidup, dan yang terpenting terobsesi untuk membanggakan negeri kita tercinta INDONESIA. sekali lagi cepat ya rilis maryamah karpov 2. thanks!

    • wahh mbak wulan tampaknya anda salah mengira kalo saya andrea Hirata ya? Karya2nya memang bisa menjadi motor penyemangat hidup. Yaa semoga Kak Andrea Hirata membaca blog saya dan segera merespon komentar anda yah. ^.^

  4. Bener Banget! Q jg berpikiran sama. Kok malah yang dibuat judul malah cm di critain sekelumit duang! Kirain Cik Maryamah kenapa-kenapa………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s