coretan kecil Emma

Yaa sekedar coretan. Coretan sekedarnya saja.

Five Day with Tohoku Daigakusei

1 Comment

Ano itsutsukan tanoshikatta desu!!!

 

Setelah bulan September kemaren nemenin anak2 Cherits dari Ritsumeikan Daigaku, tanggal 15 November kemaren lagi2 aku nemenin mahasiswa Jepang yang study tour ke Jogja. Kali ini adalah mahasiswa Tohoku Daigaku jurusan Nougakubu alias pertanian.  Tiga orang professor ( Yonekura Hitoshi, Fuyuki Katsuhito, Kawashima Shigekazu), tiga mahasiswa S2 (Muramatsu Yurika, Yagi Kohei, Ayu Puspitasari Deffi-hee..jawa jin janai?-), dan 14 mahasiswa S1 tingkat 3 dan 4 turut serta dalam study tour itu. Satu kata. Banyak! Hitori jutsu namae iwanakute ii? Ooi kara nagaku naru :p

 

Hari pertama kau dan temenku dari Sastra Jepang dan Pertanian jemput mereka di Bandara Adi Sumarmo, Solo. Baru pertama kali aku ke  bandara itu, dan ternyata…satu kata, kecil. Saisho no hi ni ha sugoku kinchou shita! Nougyou no koto nani mo wakannakute, Hakasetachi ha 3nin mo ita kara. Hari pertama deg-degan bgt! Yang datang ada tiga professor bo! Apalagi aku gak tlalu nguasai istilah2 pertanian bahasa Jepang. Kan gak lucu kalo tau2 mereka tanya “ Bahasa Jepangnya cangkul apaan yak?”. Aku bener2 gak tau bahasa Jepangnya cangkul apaan. Dan mereka beneran tanya,huhu… (@_@)

 

Dari bandara kita langsung ke Prambanan. Dan besoknya ke Borobudur. Kayaknya dua candi itu adalah dua candi yang wajib dikunjungi kalo ada orang Jepang yang berkunjung ke Jogja. Tahun 2008 ini aja kayaknya aku udah ke Borobudur 5 kali, dan 3 kalinya barengan orang Jepang. Borobudur ha konkai 5 kai me da yo! Mou akita…Semuanya kliatan seneng bgt jeprat-jepret poto  di Prambanan, khususnya mhs S1-nya yang baru pertama kali ke Indonesia. Malahan pas di Borobudur mreka udah kayak artis aja gitu di kerubutin anak2 SMP yang lagi study tour juga. Haduduuu… Sachiko, Rie, Saito, Yama-P geinoujin ni nachatta yo ne! \(^-^)/

 

Trus acara Study Tour-nya ngapain? Mereka mengunjungi dua dusun di Sleman dan Gunung Kidul yang jadi lokasi penelitian mereka. Dusun Gentan adalah dusun penghasil beras dan tembakau. Mereka meneliti juga kondisi sosial ekonomi dusun itu dan membuat peta dusun. Jadi kita muter2 keliling dusun dan nanyain satu2 rumah ini punya siapa, keluarganya berapa org, kerjaannya apa, dll. Hal yang sama kita lakuin juga di Dusun Jati, Gunung Kidul. Dengan medan yang lebih menantang (naik turun berbatu2 gak jelas gitu) dan guyuran hujan deras plus petir menyambar2, acara muter2 kampung tetep jalan. Padahal beberapa mahasiswa ada yang gak bawa payung ato jas hujan loh. Akhirnya ya sepayung bertiga, pake topi ato pake sapu tangan doang. Hideyuki, Fukuda, Kouji, Defy senpai, Fuyuki sensei mo ame ni furareta ne. Otsukareeee!!! \(^o^)/ Emang dasar orang Jepang yak…kalo urusan kerjaan, mau ujan badai kayak apa juga tetep dikerjain. Gak ada matinya dah!

 

Hari terakhir sebelum mereka bertolak ke Malang, kita mengunjungi P.T. Pagilaran di Batang. P.T. Pagilaran adalah sebuah perusahan teh yang juga dikelola oleh Fakultas Pertanian UGM. Pagilaran memiliki perkebunan teh yang luas, perkebunan coklat, cengkeh, kina, dsb. Ternyata Pagilaran juga menyediakan agrowisata loh. Tapi sayang nya waktu itu lagi2 hujan turun, jadi kita gak bisa jalan2 di kebun tehnya. Padahal udah jauh2 dateng, pemandangannya indah bgt, hijaaau…semua. Jadi inget jaman2 KKN setahun lalu, hehe.

 

Yang gak terduga adalah perjalanan pulangnya. Kita dilewatin jalan yang beda dng jalan berangkatnya. Dan kondisi jalannya masya Allah! Subhanallah! Astaghfurillah! Naek, turun, belok kiri, kanan, berbatu2, berlobang2, dll. Pokoknya bikin kita nyebut dah! Tapi bukannya nyebut, aku dan anak2 yang semobil denganku (kita dibagi ke 3 mobil) malah ketawa2 guyon abiz! Awalnya cuma ngobrolin kegiatan mereka di Jepang, eh ujung2nya malah nanyain gimana pacarannya anak2 Indonesia, gimana tipe2 cowok anak2 Indonesia, dll. Waduh kok makin gak karuan gitu? Asem, mereka malah jadi kayak ngewawancara aku gitu! “Tipenya Emma gimana sih?”, “ Sekarang punya cowok gak?”, “Cowok Emma kayak dimana&gimana?”,” Diantara kita siapa yang tipenya cewek2 Inonesia?”, dll, dsb. Mampuss!!! Yabaai~! Kotaerarenai! /(>.<)\  Tiap kali aku jawab pertanyaan mereka dan sebaliknya, seisi mobil mendadak heboh. Dan tiap kali kita nyebutin  satu nama mahasiswa yang paling ndut & doyan makan (kata mereka paling mirip orang Indonesia. Apanya nih?Doyan makannya?) kita ketaawa ngakak kenceng bgt mpe mau nangis! Namanya Takitan! Gak tau kenapa ngebayangin mukanya ja udah bikin ketawa. Kalo dilihat dr luar mobil kita sampe goyang2 kali yak? Entah gara jalannya yang aduhai ato gara2 kejutan Takitan. That was a Takitan Shock!!! Tapi gara2 kita ngetawain Takitan, perjalanannya jadi krasa nyenengin bgt, Rie Chan yang tukang mabok aja gak jadi mabok! Maaf ya Takitan, kita ngetawain kamu…(>.<) Ijimete gomen ne! Demo, Takitan Shock no okage de kaeri michi ha tanoshiku natta ne. Kuruma yoi Rie Chan mo yowanakatta. Arigatou!!!

 

Hari terakhir selalu jadi hari yang gak aku suka dalam acara2 kyk gini. Disaat kita udah mulai dekat satu sama lain, eh malah harus berpisah. But that’s the way it is. And Im very thankful for that. Minasan, Tsuuyaku shita toki nani mo wakannakute, umaku dekinakute hontou ni gomen nasai. Ano itsutsukan tanoshikatta desu!!! Atarashii koto wo manande, shin’yuu mo dekite, Iro iro benkyou ni natta. Korekara tooku hanaretemo, kao mirarenakutemo, zutto tomodachi de iyou! Mata aeru hi wo tanoshimi ni shiteru. Arigatou…

img_2726

img_2724

img_2722

img_2742

img_2745

img_2744

img_2743

img_2754

img_2760

img_2767

img_2770

img_2773

img_2771

Author: truebluemma

saya bukan siapa-siapa...cuma orang biasa...

One thought on “Five Day with Tohoku Daigakusei

  1. ehm.. jepang smuanya ne..??

    tanya2 cowok indonesia lagi…mang cowok indonesia tu primadona…contohnya aku…hahahahhahahha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s