coretan kecil Emma

Yaa sekedar coretan. Coretan sekedarnya saja.

Hiroshima University of Economics Project

Leave a comment

    

Satu hari setelah perayaan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-63, beberapa mahasiswa dari Hiroshima University of Economics (HUE) datang ke Jogja selama 2 minggu. Mereka datang dengan misi pertukaran budaya sekalian memperingati 50tahun Persahabatan Indonesia-Jepang. Mereka terdiri dari 9 orang diketuai Masanori Fujii. Dan delapan lainnya adalah Chikako Maehigashi, Keiji Hashimoto, Masahiro Tooka, Masato Nasu, Masato Yamachi, Naoka Kawasaki, Yoshiki Maehara, dan Yuki Agari. Mereka semua seru, rame, berisik, kadang2 bego dan bokep juga, tapi tetep semangat kalo ngerjain project.

    

Mereka punya 2 project, yaitu business shien dan gakkou shien. Bussiness shien pada dasarnya bertujuan membantu industri kecil-menengah yang ada di Jogja, misalnya industri kerajinan kayu, kulit, dll. Kalo gakkou shien kegiatannya diadakan di sekolah2 dasar dan panti asuhan di Jogja dan sekitarnya. Mereka mengadakan penyuluhan bahaya merokok, dan pentingnya perdamaian melalui cerita bergambar yang menarik bagi anak2 usia SD, dilanjutkan dengan bersama2 membuat burung bangau kertas sebagai simbol perdamaian. Mereka Juga memperkenalkan permainan tradisional Kendama juga olahraga Dodge Ball. Sekolah2 yang dikunjungi kali ini antara lain SD Cokrokusuman, SDN Gondolayu, SDN Jetis I, SD Taman Siswa, MIM Sedayu Muntilan, dan 2 Panti Asuhan yang aku lupa namanya. Hehe maap…

  

Gak cuman itu kegiatan mereka. Di kampung Cokrokusuman, mereka turut meramaikan perayaan HUT RI dengan mengikuti lomba panjat pinang lho! Bener2 gak kebayang apa jadinya mereka nemplok diatas pinang. Terlalu keren buat sekedar tampil di depan orang kampung dengan boxer dan blepetan oli. Walaupun kalah tapi mereka cukup bikin warga ketawa gara2 boxer mereka mlorot sampe setengah pantat. Hohohoo…abunai desuyo!

   

Selain itu mereka juga bikin Omatsuri, semacam bazaar buat memperkenalkan budaya Jepang gitu di Cokrokusuman. Ada karaoke untuk anak2, ada stand melipat bangau kertas, permainan Kendama, permainan Wanage (lempar gelang lingkaran), juga permainan memancing dengan saringan kertas. Gampang2 susah ternyata! Aku berhasil mancing satu bola karet dragon ball lho! Eh ada stand makanan Jepang juga! Ini yang kucari…Mereka bikin udon dan zenzai. Udon itu semecem kwetiau gitu, kalo zenzai semacem burjo tapi dari kacang merah dikasih tambahan potongan mochi di dalemnya. Hmm…Oishikatta!

Emang capek sih pas jadi interpreter mereka. Bayangin aja, 7 cowok gila ditambah 2 cewek yang gak kalah gilanya cuma pake 3orang interpreter! Mana kegiatannya seabrek-abrek pula! Pergi pagi pulang malem, kadang sampe nginep gara2 kosku udah ditutup gerbangnya. But it was really fun! Banyak yang bisa kupelajari waktu itu, nemu banyak adek baru juga. Ya…secara mereka rata2 baru anak tahun ketiga kebawah…Di bandara aja Si Naoka sama Nasu sampe mewek. Ouuu…so sweet…Setelah mereka pulang, kangen juga rasanya kejar2an sama waktu&project. Ada yang ilang setelah 2 minggu ngapa2in bareng, cela2an, ngomongin yang jorok2, pukul2an, gigit2an… Tapi ya…memang harus berpisah. Dakedo, Hontou ni tanoshikatta!

     

Author: truebluemma

saya bukan siapa-siapa...cuma orang biasa...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s