coretan kecil Emma

Yaa sekedar coretan. Coretan sekedarnya saja.

Pulang Pocin : Day 2

Leave a comment

 

Tiap kali di Wanayasa, gak tau kenapa kita pengennya adventuring aja. Dulu pas KKN, kita maen ke Cipawon & Sijembar, komplek air terjun yang gak kalah bagusnya sama Grojogan Sewu di Tawangmangu. Pulang Pocin setelahnya, kita mampir ke Kawah Sikidang, Dieng. Nah kalo Pulang Pocin Kali ini ngapain lagi nih? Kita mau mendaki gunung! Kita akan menaklukkan gunung yang jadi batas geografis antara Banjarnegara dan Pekalongan. Raga Jambangan.

Berbekal sarapan bubur sayur seribuan depan rumah, sedikit roti dan air minum, kita berangkat mendaki gunung. Kita ditemani seorang navigator asli orang sana, Ketua RT 08 Desa Wanayasa, Mr.Abas. Danang & Elly gak ikut gara2 sedannya Danang gak kuat nanjak. Jadi musti bolak-balik pake motor sampe desa teratas. Dan motornya gak cukup. Ready dengan sepatu karetnya Mr.Abas dan kami ber-8 menjelajahi kebun2 kentang, kubis, sawi, wortel…wah pokoknya kebun sop-sopanlah!

Semakin menanjak melewati rumput2 ilalang. Makin tinggi lagi kita harus menembus perdu2 berduri diantara pohon2 yang batangnya sudah ditumbuhi lumut entah sejak kapan. Sumpah! Kita bener2 bertualang! Jalur yang kita lewati parah banget. Kita musti jalan, manjat tanjakan, merunduk, bergelantungan di dahan dan akar2 yang ada biar gak keprosok. Ditambah lagi kabut gunung yang turun, makin dingin dan spooky. Seolah ada yang merasa terusik dengan kedatangan kita. “Permisi mbah… kita gak macem2 kok, cuma numpang lewat sampe puncak trus turun lagi…”. Pas kita tanya ke Mr. Abas kenapa jalannya jauh dan susah banget, dia jawab “ Lha wong nyong urung tau liwat kene kok!”. Gubrakkk! Navigator gemblung! Disuruh jadi penunjuk jalan kok malah gak tau jalan??

Tapi begitu sampai puncak, smua rasa capek itu mendadak ilang. Yang ada cuma rasa takjub, haru, syukur…Akhirnya sampai juga…Raga Jambangan takluk sudah! Kalo cuaca cerah dan kabut gak turun, kita bisa lihat pemandangan dua kota dari atas puncaknya. Di sisi selatan ada Banjarnegara, dan di sisi utara ada Pekalongan. Sayangnya kabut udah keburu turun sebelum kita sampe puncak, jadi gak bisa lihat pemandangan di bawah. Tapi gapapa…segitu aja udah cukup jadi pengalaman indah buatku.

Perjalanan pulang kupikir bakal lebih mudah daripada pas mendaki. Secara…kita tinggal turun gunung lewat jalan mendaki tadi. Tapi ternyata salah sodara2! Kita smua lupa jalan kembali ke bawah. Termasuk navigator gemblungnya. Pas mendaki kita jalan agak memutar, tapi gara2 lupa pas pulang kita jalan lurus langsung kebawah. Alhasil kita harus bikin jalan baru yang masya oloooh… gak lebih baik daripada jalan mendaki. Semak2nya lebih rimbun. Duri2 juga lebih banyak. Turunan2 terjal plus tanah humus yang empuk bikin kita gampang banget kepleset. Aku sendiri rasanya udah belasan kali jatoh terduduk gara2 kepleset. Celana training yang kupake udah gak karuan dekilnya, esp. bagian pantat, hehe…Dari kejauhan terdengar suara adzan, tanda sholat ashar. Agak panic juga karna kita nyasar lumayan jauh. Kabutnya turun makin tebel. Kalo kita gak sampe bawah sebelum maghrib, bisa gawat. Aku gak bisa ngebayangin dinginnya kejebak di dalem hutan, tanpa lampu, jaket, tanpa apapun. Akhirnya setelah dua pertiga perjalanan turun, kita nemu jalan setapak yang kita lewati pas mendaki tadi. Alhamdulillah…Jam 5sore kita sampe di desa Jatilawang tempat kita parkir sepeda motor. Huwaaa…Ibuukkk…lapeerrr…

 

  

           

              

Author: truebluemma

saya bukan siapa-siapa...cuma orang biasa...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s