coretan kecil Emma

Yaa sekedar coretan. Coretan sekedarnya saja.

Mendadak Gagu!!!

Leave a comment

 

Awal bulan Juli ini aku dapet tawaran dari temenku anak Kopma UGM buat guiding tamu2 Jepang. Bayarannya lumayan gede bo! Cukuplah bwt nanggung hidupku sebulan. Tamunya juga gak tanggung2. Mereka itu petinggi2 dari NFUCA Japan. Ato kepanjangan dari National Federation University Co-op Association. Ato bahasa Japunnya, Zenkoku Daigaku Seikatsu Kyoudou Kumiai Rengoukai. Nah lo, puyeng gak tuh? Itu adalah asosiasi koperasi universitas di Jepang sana. Mereka menghadiri konferensi nasional perkoperasian di Purwokerto tanggal 7 Juli 2008. Jadi critanya sekalian mampir bwt studi banding tentang perkoperasian di Indonesia gitu…pengen lihat koperasi yang ada di kampus2 Indonesia itu kayak apa.

Tour de UGM alhamdulillah lancar. Sebagian besar diskusinya pake bahasa Inggris, jadi ya lumayan terbantu, hehe. Tamu impressed, Pak Rektor puas, semua aman. Lanjut hari laennya, tour de UIN. Ini yang agak ajaib nih…Kemampuanku belajar bahasa Jepang selama 4tahun bener2 diuji di sini. Aku harus translate sambutan Rektor UIN yang paaaanjang kali leeeeebar sama dengan luuuuuuass! Tau sendiri kan orang Indonesia kalo ngasih sambutan kayak apa? Ya gitu deh. Abis itu disusul translate sambutan Presiden Direktur NFUCA yang ngasih kesan2nya selama berkunjung ke Kopma UIN.

Masya Allah itu bapak tiap pagi sarapan apa yak? Ngomong bahasa Jepangnya puinter bgt, cuepet lagi! Hohow…okay, tak translate sak isoku wae yo Pak! Eits, yang itu tadi bahasa Jawa kok, bukan Jepang, ehee. Tapi penderitaan belum selesai sampai disitu kawan. Diskusi masih dilanjutin dengan pertanyaan2 ajaib dari 4 orang Warek (Wakil Rektor) UIN. Serius. Sumpah. Aku mendadak GAGU! Kamus vocab di otakku gak mau dibuka bo! Blank. Mampus lah…huhuhu. Setelah acara diskusi, Presdirnya sampe ngomong kayak gini coba? “Gokurousamadeshita! Taihen deshitane, Emma san?”, yang artinya kurang lebih demikian, “Terimakasih sudah mau bersusah payah. Tadi berat ya, mbak Emma?”. Kriiik…kriii…krikkkk…

Tapi abis itu kami hepi hepi!!ehee…Kami ngunjungi desa yang dikasih bantuan dari NFUCA. Bantuannya itu sekarang udah jadi masjid, bagus, kinclong. Lalu, kami makan siaaaang! \(^o^)/ Kami makan siang di Rumah Makan Sekar Kedaton di daerah Kotagede. Satu orang habis kira2 100 ribuan. Mantab!

Perjalanan kami lanjutkan ke Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Abis parker bis di depan Bank Indonesia, kita jalan ke Kraton. And you know what’s happened? Kratonnya udah tutup! Pengunjung kecewa. Guide panik. Akhirnya kami nemu salah satu pintu yang masih terbuka dan bapak2 penjaganya ngasih izin bwt masuk halaman Kraton. Halamannya doang sodara2. Tamu2 Japun itu udah puas dengan berfoto2 di halamannya saja plus sedikit kesemprot ocehan dari abdi dalem yang mendadak muncul dari dalam Kraton.

Setelah itu aku ajak mereka ke Museum Benteng Vredeburg. Di sini juga lucu lucu ironis kejadiannya. Kan disana ada ruang2 diorama tuh, semacam miniatur yang nggambarin tentang suatu tempat atau kejadian bersejarah gitu. Nah yang ironis adalah mereka ngelihat diorama masa2 pendudukan Jepang di Indonesia. Mereka dengan serius membaca teks2 yang menjelaskan diorama2 ketika rakyat kita dijadikan romusha, ketika Jepang kalah Perang Dunia II, ketika kita merebut kemerdekaan dari tangan mereka, ketika Hinomaru diturunkan dan digantikan oleh Sang Saka Merah Putih di puncak Hotel Yamato di Surabaya. Mungkin ironis bagi mereka, tapi biarlah…biar mereka tahu apa yang sudah mereka perbuat kepada bangsa kita.

Banyak hal yang aku dapatkan ketika aku jadi guide dadakan mereka. Dengan segala keterbatasanku, aku banyak belajar dari mereka. Belajar kosakata2 baru, belajar istilah perkoperasian, belajar menghargai budaya asing, dan belajar sejarah budaya bangsaku sendiri yang mulai terlupakan. Jadi guide emang berat, tapi kalo aku lihat apa yang sudah kudapatkan, aku gak nyesel.

 

Author: truebluemma

saya bukan siapa-siapa...cuma orang biasa...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s