coretan kecil Emma

Yaa sekedar coretan. Coretan sekedarnya saja.

Emang hari ini Hari Anak ya?

Leave a comment

 

Pagi ini aku bangun tidur dengan sedikit kejutan dari kawanku yang udah kayak kakak sendiri, Asri, yang dengan lantangnya meneriakkan, “Selamat Hari Anak!!!”. Dan aku cuma cengok aja, “Ha? Emang iya ya?”, lalu aku ngelanjutin molor lagi di kasur Asri. Hari ini 23 Juli adalah Hari Anak, dan aku baru saja tahu. Tadi malem aku gak pulang ke kos. Suntuk. Bete. Rencananya sih abis ngambil helemku yang ketinggalan di Warung Nasi Rawon depan GSP UGM, aku cuma minta ditemenin makan aja, eh malah nyangkut di kosan Asri.

Abis sarapan ama telur goreng yang digoreng pake magic com (gara2 gas kompor abis, aneh sih emang), aku pulang ke kos. Biasalah…pagi2 nyalain radio, dengerin PUTUSS di Prambors. Eh ternyata topiknya masih sama Dagienk&Desta ngomongin Hari Anak. Mereka minta pendengar bwt nyanyiin lagu anak2 yang sekarang mulai dilupakan. Anak2 jaman sekarang malah jauh lebih hapal lagu2 orang dewasa yang temanya cinta2an, dendam, patah hati, de el el. Ponakanku sendiri, si Icha contohnya, pas umur tiga taunan sih emang jago ngoceh2 lagu anak2 ato lagu daerah gitu…Eh lama2 kok ni anak kayaknya jadi korban tivi deh..Tau lagunya Mulan Jameela yang Dear Diary? Icha apal tuh. Trus pas terakhir aku pulang, lagi gandrung ama Sempurna-nya Andra And The Backbones ama Menjaga Hati-nya Yovie&Nuno coba??

Trus kalo kita liat di jalan2, pengamen2 cilik yang nyanyi pake kecrek2 itu mana ada yang nyanyiin lagu anak buat nyari nafkah? Semuanya nyanyiin lagu orang dewasa yang mungkin mereka belom tau makna2 di balik syairnya. Seharusnya mereka nyanyiin lagu2 semacam Anak Gembala, Kemarin Paman Datang, Pelangi Pelangi, ato Balonku Ada Lima yang lebih sesuai sama usia dan jiwa anak2. Mereka juga nggak seharusnya ada di jalan2 bwt ngamen, ngelap motor dan mobil, ato jualan koran. Harusnya mereka di sekolah, duduk manis, belajar bwt masa depan mereka.

Tapi mau gimana lagi, hidup ga seramah yang mereka bayangkan. Biaya sekolah masih terlalu mencekik, hingga mereka harus sekolah sambil bekerja di jalanan, bahkan gak sedikit yang putus sekolah. Pagi2 jualan koran, siang kepanasan keasapan ngelap motor & mobil, malemnya ngamen. Aku pernah nemu anak SD ngamen di perempatan jam 11 malem. Sedih gak sih kalian kalo lihat kondisi mereka? Salah siapa coba? Aku musti gimana coba? Trus, apa gunanya ada peringatan Hari Anak kalo anak2 Indonesia masih menyedihkan kondisinya?

Author: truebluemma

saya bukan siapa-siapa...cuma orang biasa...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s